Pages

Laporan Pra Praktikum Elektronika : Laporan Gelombang Penuh

UNTUK DOWLOAD FILENYA KLIK DISINI

TUGAS PRA PRAKTIKUM
ELEKTRONIKA I
PENYEARAH GELOMBANG PENUH
Tanggal Pengumpulan  : 15 November 2016



Nama                             : Rizki Fajar Bagaskara
NIM                              : 11150163000006
Kelompok/Kloter          : 2 (Dua)/2 (Dua)
Nama Anggota :
1.      Aulya Antika Fitri               (11150163000002)
2.      Nia Rosidah                        (11150163000014)
3.      Annisa Kharisma Insani      (11150163000018)
Kelas                             : Pendidikan Fisika 3A


LABORATORIUM FISIKA DASAR
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2016

TUGAS PRA PRAKTIKUM PENYEARAH GELOMBANG PENUH
  1. Apa yang dimaksud dengan reverse bias dan forward bias? Sertakan dengan gambar!
Jawaban :
Forward Biased dan Reverse Biased Dioda



            Ketika dioda disambungkan sebagaimana pada Gambar A diatas, dimana kaki anodanya disambungkan ke kutub positif dan katodanya disambungkan ke kutub negatif baterai, kita mengatakan bahwa dioda diberikan bias maju atau forward biased. Sebuah dioda hanya akan menghantarkan arus listrik (menyalakan lampu) apabila diberi bias maju.

            Ketika sebuah dioda disambungkan dengan polaritas yang terbalik seperti pada Gambar B, dimana kaki katodanya disambungkan ke kutub positif dan kaki anodanya disambungkan ke kutub negatif, kita mengatakan bahwa dioda diberikan bias mundur atau reverse biased. Sebuah dioda tidak akan menghantarkan arus listrik (tidak menyalakan lampu) apabila diberi bias mundur.[1]
  1. Jelaskan konsep dari penyearah gelombang penuh? Sertakan dengan gambar!
Jawaban :
Penyearah gelombang penuh (full wave rectifier) adalah sistem penyearah yang menyearahkan semua siklus gelombang sinus menggunakan dua blok dioda (satu blok dioda bisa berupa satu atau beberapa dioda yang diparalel) yang bekerja secara komplenen. Satu dioda bekerja pada fase siklus positif dan satu dioda bekerja pada fase siklus negatif yang telah dibalik. Oleh karena itu penyearah gelombang penuh identik dengan penggunaan transformator center tap (CT) yang memiliki dua buah output sinyal AC dengan fase berkebalikan.[2]
Untuk membuat penyearah gelombang penuh dengan 2 diode  menggunakan transformator CT seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Gambar 3 Full Wave Rectifier With 2 Diode

Perbedaan Prinsip Kerja  penyearah gelombang penuh dengan 2 dioda yaitu sebagai berikut :

Pada saat tegangan input vi bernilai positif dan diinputkan pada lilitan primer dari trafo, maka rangkaian ekivalennya ditunjukkan pada gambar 4. Ada dua keluaran tegangan dari trafo CT ini pada lilitan sekundernya. Kedua keluaran ini memiliki bentuk gelombang yang sama apabila susunan polaritas dari kedua tegangannya seperti ditunjukkan pada gambar 4. Pada saat siklus tegangan positif, dioda D1 “on” dan dioda D2 “off”. Arus dapat mengalir melewati dioda D1. Sehingga tegangan output vo (atau tegangan pada resistor R) memiliki bentuk yang sama dengan tegangan inputnya.




                
Gambar 4
Pada saat siklus tegangan negatif, kondisi rangkaian ditunjukkan pada gambar 5. Kali ini dioda D1 “off” dan dioda D2 “on”, arus masih bisa mengalir melewati dioda D2. Dan tegangan output, yaitu tegangan pada resistor R, bernilai positif sesuai dengan polaritas vo yang telah ditentukan. Jadi, rangkaian ini memiliki fungsi yang sama dengan rangkaian penyearah gelombang penuh dengan 4 dioda.




Gambar 5

bentuk gelombangnya seperti ini






  1. Sebutkan hipotesis kalian terhadap praktikum ini, dan jelaskan !
Jawaban :
Adapun hipotesis dari praktikum ini yaitu :
1.      Pada penyearah gelombang penuh menggunakan lebih dari1 dioda yang digunakan dan bentuk gelombang memiliki frekunsi yang sama antara input dan output.
2.      Tegangan input lebih besar di bandingkan tegangan output pada saat di penyearah gelombang penuh.
3.      Nilai Vpp di input lebih besar dibandingka Vpp pada output.
4.      Bentuk gelombang setelah menggunakan penyearah gelombang penuh, hanya berbentuk bukitnya saja sedangkan lembah nya tidak ada, atau hanya pada yang bernilai positif.


  1. Buat gambar (dibuat di hvs lalu di foto dan disisipkan) rangkaian penyearah gelombang penuh selain yang ada di modul !
Jawaban :







[2] Eko Purnomo. 2015. Penyearah gelombang penuh. http://www.nulis-ilmu.com/2015/08/penyearah-gelombang-penuh.html.
[3] Jufrika. 2015. Penyearah gelombang penuh full wave. http://www.jufrikablog.com/2015/03/penyearah-gelombang-penuh-full-wave.html

Rizki Fajar

keep do the best but don't feel the best. Ganbatte kudasai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar