Pages

Cara Mudah Membuat Aplikasi Andorid Menggunakan App Inventor 2

Bismillahirrohamannirrohim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ... ^_^
Semoga kalian semua yang membaca senantiasa sehat selalu

        Langsung saja, pada postingan kali ini admin akan membahas mengenai appinventor. Hhhhmmm apa sih appinventor ? dan bagaimana sih cara menggunakannya?
Yuk langsung simak pembahasan dibawah ini. "Sundul gan!"


        Banyak orang menganggap bahwa membuat aplikasi di android itu susah dan rumit, nah ini yang pertama kali admin rasakan. Kok buat aplikasi diandroid susah banget ya, kok pusing banget sih sama kodingnya, nah perkataan tadi tuh bisa kita buang jauh-jauh kaya perasaan ke dia #Lohhh 
        Anggapan dan pola pikir tersebut merupakan anggapan dan pola pikir yang keliru. Sebab, semua anggapan yang keliru tersebut kini telah terpecahkan dengan munculnya tools App Inventor 2. App Inventor 2 hadir untuk mengurangi rintangan-rintangan yang muncul pada semua kalangan yang tidak mengenal dunia pemrograman dalam mengembangkan aplikasi Android. Alhasil, siapapun diri Anda saat ini dapat mengembangkan aplikasi Android dengan cepat, mudah, dan mengasyikkan menggunakan tools App Inventor 2. Langsung aja kita bahas yuk!

APA SIH APP INVENTOR 2?

        Nah ini nih, aplikasi pada situs web yang admin sering gunakan untuk membuat aplikasi di android. App Inventor 2 adalah Integrated Development Environment (IDE) yang ditujukan bagi semua kalangan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi Android tanpa harus berpengalaman dalam dunia pemrograman sebelumnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source berbasis web yang mula-mula disediakan oleh Google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). 
        App Inventor 2 didesain dengan tampilan yang simpel dan mudah dipahami. App Inventor 2 memungkinkan Anda untuk membuat berbagai jenis aplikasi Android tanpa harus bersentuhan dengan dunia pemrograman (coding) yang kompleks. Anda tidak perlu menulis kode-kode program konvensional (kode berbasis teks) untuk memberikan perilaku aplikasi.

FITUR APP INVENTOR 2 (DRAG and DROP) 

         Dengan adanya fitur drag and drop pada app inventor ini sehingga memudahkan kita untuk membuat aplikasi android/hp yang diinginkan. Apa sih maksud dari fitur drag and drop?

        App Inventor 2 adalah tool berbasis drag & drop dan visual blocks programming untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang inovatif untuk memperkenalkan pemrograman komputer dan pembuatan aplikasi Android kepada pemula, bahkan bagi mereka yang sebelumnya belum pernah sekalipun mengenal dunia pemrograman. Fitur visual blocks programming mampu mentransformasikan pengkodean bahasa pemrograman berbasis teks ke dalam bahasa visual dalam bentuk blok-blok kode program.

        Fitur drag & drop semakin memudahkan pengguna dalam mendesain tampilan maupun pengkodean program aplikasi. Anda dapat mendesain tampilan (user interface) aplikasi dengan cara drag & drop komponen-komponen yang dibutuhkan ke dalam layar aplikasi. Selanjutnya setelah Anda mendesain tampilan aplikasi tersebut, Anda dapat memberikan perilaku aplikasi menggunakan visual blocks programming. Apa itu visual blocks programming? Visual blocks programming merupakan pemrograman yang berbasis visual (gambar) menggunakan blok-blok kode program.

     Pengkodean program dilakukan dengan cara drag & drop (geser dan lepaskan) blok-blok kode program ke dalam Blocks Editor. Kemudian Anda menyusun blok-blok kode program tersebut—seperti halnya ketika Anda menyusun puzzle (teka-teki)—sesuai dengan alur program yang Anda kehendaki. Blok-blok kode program tersebut lebih mudah dipahami daripada kode program tradisional (berbasis teks). Bahkan bagi mereka yang sama sekali belum pernah bersentuhan dengan dunia pemrograman



BAGAIMANA SIH CARA MEMBUAT APLIKASI DI APP INVENTOR 2?

     Nah akan admin kasih tau nih caranya membuat aplikasi di app inventor 2,nah gimana sih caranya? Hmmmmm kasih tau ga ya? Baiklah buat kalian semua dapat membuat aplikasi di app inventor 2 dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Syarat wajib semuanya, temen temen semua harus mempunyai pc/laptop yang telah terkoneksi dengan internet.
  2. Buka appinventor 2 dengan mengetik di web appinventor atau dengan mengklik disini
  3. Setelah masuk ke web app inventor, maka akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini. Lalu klik atau pencet "Crate Apps!"
  4. Setelah kalian mengklik "Crate Apps!" maka akan otomatis temen semua harus login kedalam appinventor2 menggunakan acoount email, setelah login maka akan terdapat tampilan seperti ini
  5. Untuk memulai membuat aplikasi atau project maka temen-temen semua dapat mengklik start new project seperti gambar diatas.
  6. Setelah kalian klik, maka akan terdapat tampilan seperti dibawah ini
  7. Lalu masukkan nama project yang ingin dibuat/ nama aplikasi temen-temen semua. Dengan catatan "Tanpa menggunakan spasi ataupun karakter lain"
  8. Setelah temen-temen semua memberikan nama aplikasinya, kemudian klik OK dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini
  9. SELAMAT! kalian sudah berhasil membuat aplikasi menggunakan appinventor2. 


     Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat buat temen-temen semua. Mungkin banyak kekurangan, dengan segala kerendahan hati admin minta maaf. Terimakasih semuanya. Arigatou Gozaimasu ^_^.
      Untuk bagaimana mengisi dan membuat beberapa aplikasi menggunakan appinventor insyaAllah akan segera admin update. stay tune ya ^_^

Cara membuat aplikasi login menggunakan username dan password (next post)
Cara membuat aplikasi pindah ke screen satu ke screen yang lain (next post)

SEE YOU NEXT POSTING.
Wassalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh



Rizki Fajar

keep do the best but don't feel the best. Ganbatte kudasai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar